Nama Islami dan mulia untuk anak

0 komentar
Apalah arti sebuah nama, sering kita dengar sebuah pepatah,slogan,judul atw apalah yang demikian bunyinya. Tapi coba perhatikan sekitar kita, sebuah barang atw produk saja semuanya diberi nama tentunya agar bisa dikenal dan bisa laku terjual. jika tdk diberi nama maka konsumen tentu bingung dan tdk akan mau menggunakan atw membelinya. Jadi bagaimana dengan manusia?

Di dalam Islam, dianjurkan memberikan nama yang baik untuk anak,karena nama itu akan menjadi pengenalan dan panggilan seterusnya melambangkan dan membedakan antara kita dengan orang lain
lebih-lebih lagi antara Muslim dengan Non-Muslim.Nama juga dapat menjadi harapan,doa,bagi pemilik nama itu sendiri,dan juga bisa mempengaruhi psikologis pemiliknya.Misalnya: seorang anak diberi nama "Si Nakal", secara kejiwaan si anak bisa menjadi frustasi,minder,malu dsb. diakibatkan nama tersebut sehingga nantinya si anak setelah besar bisa menjadi benar-benar nakal sesuai namanya.Coba kalau diberi nama "Si Pandai",secara kejiwaan akan menjadi semangat,motivasi dsb. bagi si anak agar menjadi seperti namanya.


"Sesungguhnya kamu akan diseru pada hari qiamat dengan nama-nama kamu, dan
nama-nama bapa kamu, maka perindahkanlah nama-nama kamu itu."

(H R Abu Dawud)

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih nama anak sebagai berikut: 


a. Hendaklah nama yang dipilih itu memberi pengertian dan maksud yang baik. Sehubungan dengan itu kita dilarang untuk menamakan anak-anak kita dengan nama yang buruk yang bisa merendahkan kehormatan dan mungkin menjadi cadaan dan memalukan anak tersebut.


b. Jangan namakan anak dengan nama-nama yang khusus kepada Allah (Asmaul Husna) seperti Ahad, Ar-Rahman, Al-Khalid dan sebagainya. Sekiranya nama ini hendak diberikan kepada anak kita maka hendaklah disertai dengan nama Abdul (hamba) di depannya seperti Abdul Rahman, Abdul Khalid dan sebagainya.


c. Jangan menggunakan nama yang dikaitkan dengan Abdul (hamba) kepada selain dari Allah SWT seperti Abdul Uzza (hamba berhala Uzza), Abdul Nabi (hamba kepada nabi) dan sebagainya.Ulama bersepakat mengatakan bahwa menamakan sedemikian adalah haram.


d. Hindari menamakan anak dengan nama-nama orang kafir dan namayang tidak jelas arti atw maknanya.



Berikut daftar nama islami yang yang bisa diberikan kepada Buah Hati anda:

Anak Laki-laki Islami
Nama Anak Perempuan Islami
Masih ada banyak nama-nama mulia untuk BUAH HATI anda di dalam Al_Quran, silahkan dibuka dan dibaca sendiri. jika ada kesalahan dalam pengetikan nama atau maknanya dalam postingan ini, tolong disampaikan di kolom komentar untuk perbaikan,terima kasih sebelumnya.

Membahas soal nama sepertinya ada janggal dari nama saya sendiri,maklum saya pakenya panggilan sehari-hari saja,tapi jangan khawatir nama asliku ada juga koq dalam daftar diatas,tak perlu repot mencarinya yah.......?..he..he..he...heee

diolah dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar