MANFAAT BLOG

0 komentar
 Sebagai orang awam (pemula) di dunia Blog/ bloging / ngeblog dan atau apalah namanya, yang pertama saya ingin tahu yaitu APA MANFAAT BLOG nantinya buat saya, dan melalui search engine (google) ,saya dapatkan ada banyak post mengenai manfaatnya,tapi setiap postingan itu tentunya tidak semua sama meskipun ada beberapa manfaat yang selalu ada disetiap posting tsb. Mungkin manfaatnya memang berbeda dari setiap Blogger (baca pemilik blog), tapi secara umum manfaat yang hampir selalu ada yang ingin kutulis dalam entri kali ini. 
Berikut Manfaat tersebut:  


Media Aktualisasi Diri 
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui keberadaannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa saya. Apa yang kupikirkan, apa yang menjadi perhatiannku, apa yang menarik untukku, apa yang kusenangi,kubenci, apa pendapatku dan keinginanku. Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Saya dapat mengaktualisasikan diri dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet. 

Personal Branding  
Personal Branding atau self positioning -memposisikan diri berdasarkan apa yang dapat saya lakukan, membuat orang teringat saya ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu. Dengan blog dan strategi yang tepat saya dapat memberitahu semua orang di dunia (pengguna internet) apa keahlianku dan mengapa mereka harus mengontak saya ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.

Markas Besar Di Dunia Maya 
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa dijadikan markas besar pusat seluruh aktifitas di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang eksis.

Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan. Mungkin, keahlian, produk ,pemikiran,pendapat,dll 

Mendapatkan Relasi Baru 
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Dengan topic yang ditampilkan maka pengunjung (pengguna internet) yang memiliki minat pada topik blog akan datang. Mereka mengomentari post di blog dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan. Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link Sosial Network.Orang akan melihatnya dan mungkin tertarik berbagi dgn profil sosialmu.

Mendapatkan Penghasilan
Sudah banyak yang tahu, ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet: 
• Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll. 
• Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.

Media Memberi, Media Sharing 
Terkadang Saya ingin berbagi apa yang kuketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Dengan berbagai bentuk media text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi bukan hanya pada teman saja atau pada orang yang kukenal saja tetapi pada seluruh dunia yg tidak kukenal dan tdk mengenalku tanpa perlu saling kenal mengenal dulu.

Jurnal Catatan Kehidupan 
Apa saja yang telah kupublikasikan di blog, suatu hari di masa depan kelak, kubaca kembali apa yang sudah kutulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu, atau kata lain menjadi catatan nostalgia yang paling lama bertahan di Search Engine, jika di banding dgn disosial network yg kadang hanya sekedar numpang lewat doang…… 

Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan 
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang kutulis. Pendapat,koreksi dan masukan orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan? 

Serasa Dirumah Sendiri
Di blog saya dapat mengatur sendiri mulai dari tampilan seperti apa yg kuingini, fitur apa yang kan kutampilkan,kuletakkan dimana,dll………..”Blogku maka Aturanku

Setiap manfaat pastilah berbeda pada setiap blogger,tergantung pada diri masing-masing…… Semoga bermafaat…………. BUAT BLOGMU Sekarang…!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar